Tips kesehatan

Waspada Virus Corona, Ini Cara Aman Untuk Travelling ke Luar Negeri


Perjalanan internasional bisa menimbulkan berbagai risiko bagi kesehatan. Bagi wisatawan yang mengalami perubahan ketinggian, kelembaban, dan perubahan suhu yang cepat berubah dapat dengan mudah mengalami gangguan kesehatan. Selain faktor tersebut, gangguan kesehatan juga bisa timbul di daerah-daerah yang mempunyai akomodasi berkualitas rendah, kebersihan, sanitasi tidak memadai, dan layanan medis tidak berkembang dengan baik apalagi tidak adanya air bersih.
Sementara itu perjalanan internasional semakin meningkat seiring tahun. Banyak orang melakukan perjalanan internasional untuk tujuan pekerjaan, rekreasi dan tujuan lainnya. Semua wisatawan juga harus siap dengan berbagai risiko kesehatan selama mereka bepergian.
Terlebih dengan adanya virus corona yang mewabah membuat semakin waspada jika ingin bepergian keluar negeri. Apalagi beberapa negara mengeluarkan travel warning untuk berkunjung ke negara tersebut. Namun, jika sudah ada agenda ke luar negeri yang tidak bisa dibatalkan tidak perlu takut, karena cara ini bisa membuat perjalananmu menjadi aman.

1. Selalu Waspada dan Ketahui Situasi

Sebelum bepergian, lebih baik untuk mengetahui bagaimana kondisi tempat yang akan jadi tempat tujuan. Melakukan riset singkat melalui mesin pencarian di internet akan sangat membantu. Jika ada teman atau kolega yang sebelumnya pernah berkunjung ke tempat yang akan dituju, bertanyalah. Cerita dari pengalaman orang lain akan meyakinkan karena cukup akurat.
Jika sudah mengetahui bagaimana kondisi tempat yang akan di tuju maka akan mengerti apa saja yang harus diwaspadai dan yang harus dihindari.

2. Hindari Area Publik yang Ramai

Penularan melalui udara juga menjadi salah satu faktor. Apalagi di area publik memungkinkan adanya orang yang terkena gangguan kesehatan. Sebelumnya ketahuilah area publik tersebut digunakan untuk kegiatan apa dan apakah area tersebut sudah ada fasilitas kesehatan yang memadai.

3. Asuransi Perjalanan

Ada jenis asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan selama bepergian.
Sangat dianjurkan untuk memiliki asuransi perjalanan supaya agenda bepergian keluar negeri tetap aman dan nyaman. Tetapi sebelumnya ketahui cakupan pembiayaan medis yang dimiliki.

4. Hindari Kontak Langsung Dengan Orang yang Baru Dikenal
Ada baiknya berhati-hatilah saat berinteraksi dengan orang asing atau orang yang kita tidak
mengerti latar belakangnya. Apalagi penyebaran penyakit melalui udara sangat mudah. Apalagi saat kita bepergian kita memiliki kontak interaksi dengan antar orang lain yang tinggi.

5. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Kuman yang mengendap di kuku juga bisa memicu penyebab gangguan kesehatan. Dengan mencuci tangan secara baik dan benar cukup menjadi benteng pertahanan untuk mencegah berkembangnya virus yang datang dari udara. Menggunakan tisu yang mengandung alkohol juga dapat membantu membersihkan atau mensterilkan permukaan tangan.

6. Bawalah peralatan/obat-obatan kesehatan

Merupakan tindakan preventif jika di tempat tujuan sangat sulit untuk mendapatkan alat kesehatan atau obat-obatan. Apalagi untuk orang yang mempunyai gangguan kesehatan yang memerlukan obat khusus. Bawalah masker pernafasan yang memang disarankan untuk mencegah penyebaran virus.

About Ria

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.