Tips kesehatan

Cara Mengatasi Gatal di Sela Jari Kaki

Cara Mengatasi Gatal di Sela Jari Kaki
Cara Mengatasi Gatal di Sela Jari Kaki

Tentu tak nyaman rasanya ketika sela jari Anda tiba-tiba terasa gatal saat sedang beraktivitas. Anda berpikir langsung menggaruknya akan membuat gatalnya hilang. Padahal, menggaruk bukan cara yang tepat karena rasa gatal justru akan semakin parah dan bahkan bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Yuk, simak cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatal di jari kaki.


Cara mengatasi gatal di sela jari kaki

Mengatasi rasa gatal pada sela jari kaki tentu tidak boleh sembarangan. Penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab dari gatalnya jari kaki agar dapat mengobati dengan cara yang tepat. Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya rasa gatal tersebut.
Berikut adalah cara untuk menghilangkan gatal di sela kaki jari berdasarkan penyebabnya.

1. Mengatasi gatal sela jari kaki akibat Athlete’s foot

Athlete’s foot atau kutu air adalah penyakit paling umum yang menjadi penyebab rasa gatal di sela jari kaki. Penyakit ini adalah infeksi jamur yang menyerang dari sela-sela jari kaki dan dapat menimbulkan warna kemerahan serta kulit pecah-pecah.
Untuk mengatasi gatal, Anda dapat mengoleskan obat berupa krim atau salep pembasmi jamur pada jari kaki yang bisa didapatkan di apotek. Jika gatal masih membandel, mintalah obat resep dari dokter untuk penanganan khusus.
Kunci menghindari terjadinya Athlete’s foot adalah menjaga jari kaki agar tetap bersih dan kering. Hindari berjalan-jalan di tempat umum tanpa menggunakan alas kaki. Gantilah kaus kaki dan sepatu secara berkala.
Sebaiknya, Anda juga tidak terlalu sering menggunakan sepatu berbahan sintetis. Pakailah alas kaki dengan ventilasi yang baik agar dapat memberi udara untuk kulit.

2. Mengatasi gatal sela jari kaki akibat eksim dyshidrotic

Cara mengatasi gatal pada jari kaki yang disebabkan eksim juga tentu berbeda. Penyakit ini ditandai oleh munculnya lepuhan di bagian lipatan tubuh seperti jari-jari serta di sekitar tangan dan kaki.
Lepuhan kulit ini akan menimbulkan rasa gatal dan sakit. Terkadang, kulit Anda juga dapat terkelupas.
Dokter akan meresepkan obat krim yang membantu mengurangi pembengkakan kulit dan menghilangkan lepuhan. Jika kasusnya lebih berat, Anda mungkin akan diberikan obat steroid berupa pil. Obat yang mengandung antihistamine juga akan membantu mengurangi rasa gatal.
Anda juga bisa melakukan perawatan sendiri dengan mengompres lepuhan selama 15 menit setiap beberapa kali sehari. Bersihkan kaki dan tangan setiap hari dengan air suam kuku dan sabun tanpa parfum.
Jangan lupa untuk menjaga agar kulit tetap lembab dengan mengoleskan krim pelembab pada kaki dan tangan setelah mandi.

3. Mengatasi gatal sela jari kaki akibat dermatitis kontak

Gatal di sela jari kaki Anda bisa jadi disebabkan oleh sepatu atau kaus kaki yang Anda kenakan.
Dermatitis kontak merupakan munculnya ruam merah pada kulit akibat sentuhan langsung kulit dengan bahan yang membuat alergi. Terkadang ruam terasa gatal dan seperti terbakar. Jika gejala ini yang terjadi, Anda mungkin alergi dengan salah satu bahan yang ada pada sepatu.
Cara mengatasinya, Anda harus menghindari pemakaian sepatu dengan bahan yang menimbulkan reaksi alergi. Setelahnya, cuci kaki dengan air hangat dan sabun tanpa parfum.
Jika terpaksa harus menggunakan sepatu tersebut, pakailah kaus kaki untuk melindungi kulit Anda.

4. Mengatasi gatal sela jari kaki akibat gigitan serangga

Gigitan serangga adalah hal yang harus Anda waspadai ketika beraktivitas di luar ruangan terutama di daerah yang penuh rerumputan. Walau gigitan beberapa serangga tidak memiliki efek berbahaya, rasa gatal yang ditimbulkan pasti tetap mengganggu.
Kompres dengan kain yang dibasahi air dingin selama beberapa menit untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakannya. Atasi rasa gatalnya dengan mengoleskan sedikit krim hydrocortisone atau krim calamine.
Anda juga bisa mencampurkan baking soda dan sedikit air sampai membentuk pasta dan oleskan pada jari kaki yang digigit setiap beberapa kali sehari.
Bila gigitan serangga menimbulkan efek yang lebih serius, segera periksa ke dokter.

5. Mengatasi gatal sela jari kaki akibat psoriasis

Psoriasis terjadi ketika sel-sel pada kulit yang tumbuh terlalu cepat menumpuk di atas permukaan kulit. Kondisi ini biasanya dapat diturunkan melalui genetik dan dapat terjadi dalam jangka panjang. Selain bisa memunculkan rasa gatal pada telapak kaki, umumnya psoriasis juga akan menimbulkan bercak kulit kemerahan dan nyeri sendi.
Untuk mengatasi sela jari kaki yang gatal akibat psoriasis, Anda bisa mengoleskan krim dengan kandungan gliserin, lanolin, dan petrolatum yang sekaligus akan melembabkan kulit. Jika gatal masih membandel ketika Anda tertidur, gunakan antihistamin seperti benadryl.
Jangan mandi terlalu lama, apalagi dengan air panas. Air panas dapat memicu iritasi yang lebih parah, jadi gunakan air dingin atau air dengan suhu biasa.
Upaya mengatasi rasa gatal pada sela jari kaki Anda sudah dilakukan, namun rasa gatal tak kunjung hilang. Jika hal ini terjadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat mengetahui penyebab pasti dan pengobatan yang tepat.

About willy

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.