Tips kesehatan

7 Jenis Olahraga Hemat, Sehat dan Enggak Perlu Biaya


Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh. Olahraga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai jenis olahraga pun tersedia untuk membantu tubuh agar selalu bugar. Mulai dari olahraga ringan hingga berat.
Beberapa jenis olahraga pun memerlukan biaya, tak heran jika banyak orang yang memilih untuk melakukan olahraga hemat. Pada dasarnya, olahraga mahal atau hemat memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membuat tubuh sehat dan bugar.
Anda dapat melakukan beberapa olahraga hemat yang telah Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Stretching Badan

Salah satu jenis olahraga hemat yaitu stretching badan atau peregangan tubuh. Stretching badan bermanfaat untuk mengendurkan atau merilekskan otot-otot yang lelah. Anda dapat melakukan stretching di mana saja.
Selain itu, stretching juga dapat memperbaiki postur tubuh dan menghindari cedera apabila Anda ingin berolahraga. Oleh sebab itu, seseorang yang akan berolahraga sebaiknya melakukan stretching terlebih dahulu untuk menghindari cedera.

Olahraga Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Selain terbukti ampuh membakar lemak, olahraga ini juga mudah dilakukan. Anda hanya perlu mempersiapkan rute lari yang akan dilewati.

Anda dapat memilih taman, jogging track, stadion untuk melakukan olahraga ini. Sebaiknya hindari lari di medan yang belum Anda kuasai. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta menghindari terjadinya cedera. Sebelum melakukan olahraga lari, pastikan Anda telah melakukan stretching terlebih dahulu.

Yoga

Salah satu olahraga hemat yang dapat Anda lakukan yaitu yoga. Yoga sangat bagus untuk meregangkan tubuh. Meski terlihat sederhana, yoga diketahui memiliki manfaat setara dengan olahraga-olahraga berat.
Yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan kebugaran, membantu proses penurunan berat badan, mengurangi stres serta masih banyak lagi. Anda dapat mencoba melakukan olahraga yoga di akhir pekan. Selain hemat, tubuh yang sehat dan bugar pun akan Anda dapatkan.

Naik Turun Tangga

Naik turun tangga merupakan salah satu olahraga yang hemat dan bermanfaat. Meski terlihat sederhana, olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Anda dapat meluangkan waktu untuk berolahraga di tangga rumah.

Bagi Anda pekerja kantoran, Anda juga dapat melakukan olahraga ini. Ganti kebiasaan menggunakan lift dengan menggunakan tangga. Naik turun tangga memiliki beberapa manfaat seperti menguatkan otot-otot tubuh, membakar kalori, menyehatkan jantung dan masih banyak lagi.

Jalan Santai

Jalan santai merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati. Hal ini karena selain hemat, Anda pun juga dapat menikmati suasana sekitar dengan nyaman. Jalan santai biasanya dilakukan saat pagi hari, karena udara sekitar masih segar dan suasana belum terlalu ramai.

Jalan santai secara rutin memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit kronis, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi. Anda dapat meluangkan waktu di akhir pekan untuk jalan santai atau saat sedang istirahat di rumah.

Lompat Tali

Lompat tali juga dapat menjadi pilihan olahraga sehat yang tentunya juga hemat. Olahraga ini juga dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Anda hanya tinggal memerlukan tali dan tempat kosong untuk olahraga ini.

Olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti melatih otot kaki, membantu penurunan berat badan, meningkatkan kepadatan tulang dan masih banyak lagi. Anda dapat melakukan olahraga ini saat waktu luang. Tak hanya saat akhir pekan, olahraga ini dapat Anda lakukan di waktu-waktu luang.

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah tentu menjadi pekerjaan yang dilakukan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Aktivitas seperti menyapu, mengepel ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Membersihkan rumah akan membantu Anda mengurangi jumlah kalori.

Selain rumah yang bersih, tubuh sehat pun akan Anda dapat. Oleh sebab itu, mulai lah untuk rajin membersihkan rumah agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.


About Ria

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.